info@stikespku.ac.id | (0271) 734955
| Login

D4 Keperawatan Anestesiologi

Anestesiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berspesialisasi dalam mengurangi rasa nyeri dan menjaga stabilitas pasien selama dan setelah prosedur bedah. Tindakan Anestesi atau Pembiusan, digunakan pada hampir semua bidang kedokteran, jika pembedahan perlu dilakukan atau pasien akan merasa nyeri selama prosedur berlangsung. Anestesi mempunyai peran penting dalam kelancaran prosedur bedah dan mengurangi rasa tidak nyaman pada pasien. Bius juga dapat digunakan pada prosedur diagnostik, bedah otak dan perut, kandungan, dan lain-lain.

Penata anestesi adalah Tenaga Kesehatan yang telah diberi pendidikan formal secara teoritis dan praktek dalam bidang anestesi dan berkompetensi untuk melakukan pelayanan dalam pelayanan anestesi. Penata anestesi memberikan pelayanan dalam 4 (empat) katagori umum yaitu : persiapan dan evaluasi pra anestesi, Induksi, pemeliharaan, dan emergence anestesi, Penataan pasca anestesi, dan fungsi bantuan klinis perianestesi.

Jumlah Penata Anestesi yang ada saat ini, baik yang berasal dari pendidikan formal maupun yang berasal dari hasil pelatihan sebanyak 2.540, sedangkan analisa kebutuhan adalah sebesar 11.115, sehingga kekurangan tenaga Penata Anestesi saat ini sebesar 8.575 (IPAI, 2012).

Penata Anesthesi selama ini beberapa dipenuhi dari hasil pelatihan (nonformal) selama 6 bulan di rumah sakit tertentu dan terbatas. Dengan keluarnya Permenkes Nomor 18 Tahun 20163 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Penata Anestesi memberikan  kesempatan  kepada  perguruan  tinggi  untuk  memfasilitasi  dan meluluskan tenaga Penata anesthesi dengan pendidikan formal. Untuk itu, dengan dibukanya prodi baru Sarjana Terapan Keperawatan Anesthesiologi di STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan Penata Anestesi.

 

VISI

Menjadi Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Anesthesiologi yang Terdepan di Tingkat Nasional, berkarakter Islam Berkemajuan pada tahun 2028

PELUANG KERJA

Menjadi Penata Anestesi di Kamar Operasi

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Anesthesiologi STIKES PKU Muhammadiya Surakarta diharapkan memiliki pengetahuan dan tingkat keterampilan yang telah ditentukan yakni dapat menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi Anestesi sehingga mampu untuk :

  1. Mengidentifikasi,menganalisis masalah dalam ilmu Anestesi
  2. Mendukung pengelolaan  dan  pelayanan  Anestesi  dan  klinik  sesuai  peraturan perundang-undangan dan etika Anestesi
  3. Melaksanakan pelayanan,komunikasi, informasi dan edukasi tindakan opera
  4. Membantu dokterspesialis anestesi dalam tindakan operatif
INFO SPMB
Profesional Islam